Yang Alami, Yang Aman untuk Kulit

Yang Alami, Yang Aman untuk Kulit

Banyak yang sudah memilih untuk pakai cara instant dalam memutihkan kulit wajah. Padahal dengan cara alami pun kita bisa mendapat kulit bersih. Tapi memang tidak secepat dan seefektif cara instan seperti suntik vitamin C. Anda yang ingin membuat kulit putih tapi tetap sehat dan tidak membahayakan tubuh ataupun kulit bisa coba perawatan dengan bahan-bahan alami.

Indonesia kaya akan bahan-bahan alami, seperti buah-buahan, yang bisa juga digunakan untuk perawatan kulit. Bahan-bahan alami yang kaya nutrisi telah lama diandalkan sebagai sumber perawatan terbaik bagi tubuh kita. Sebenarnya, kita bisa mendapatkan manfaat semua bahan alami itu dengan cara mengonsumsi atau mengolahnya sesuai anjuran dari para ahli gizi. Namun, efek sehat yang akan dirasakan kulit kita dari olahan tersebut ternyata tidak terlalu besar. Beberapa bahan familiar yang biasa digunakan untuk perawatan dan gampang ditemukan adalah susu, bengkoang, beras, jeruk nipis, dan putih telur.

  • Susu

Anda pasti sudah sering mendengar manfaat susu, tidak hanya untuk tubuh, juga untuk kulit. Susu memang berkhasiat untuk membuat kulit lebih lembut, kenyal, dan kencang. Perawatan kulit dengan mandi susu dapat membuat kita rileks, dan kulit terasa halus. Namun bila mandi susu dirasa terlalu repot, cukup dengan membasuh muka dengan susu juga bagus. Tuang susu secukupnya pada kain pembasuh muka, kemudian gunakan kain tersebut untuk mengusap wajah. Susu mengandung banyak bahan yang dapat mengurangi bintik-bintik hitam pada wajah, dan meningkatkan warna kulit dengan cara yang sempurna. Susu akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menutup wajah, dan memberikan warna yang lebih cerah.

  • Bengkoang

Kita sering tau bahwa bengkoang banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk produk-produk perawatan tubuh seperti krim-krim wajah,lulur, sabun, dll. Memang dari jaman dahulu bengkoang dipercaya dapat membuat kulit bersih. Sementara itu, dalam penelitian berjudul The Exploration of Whitening and Sun Screening Compounds in Bengkoang Roots (Pachyrhizus erosus) oleh Endang Lukitaningsih dari Universitas Wurzburg, Jerman, disebutkan bahwa bengkuang mengandung vitamin C, flavonoid, dan saponin yang merupakan tabir surya alami untuk mencegah kulit rusak oleh radikal bebas. Plus, zat fenolik dalam bengkuang cukup efektif menghambat proses pembentukan melanin, sehingga pigmentasi akibat hormon, sinar matahari, dan bekas jerawat dapat dicegah dan dikurangi.

Kita bisa membuat sendiri masker bengkoang untuk diaplikasikan ke wajah dan tubuh. Caranya, kupas dan parut bengkoang sampai halus, tempelkan pada tubuh atau bagia wajah yang bernoda. Diamkan selama kurang lebih 40 menit sampai mongering, kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat.

  • Masker beras

Ternyata selain untuk bahan makanan, beras juga bisa bermanfaat untuk kulit. Bahkan sekarang juga mulai banyak produk-produk perawatan tubuh yang menggunakan bahan dasar beras. Beras memang dapat memutihkan wajah sehingga tampak lebih bersih. Membuat masker dari beras pun sangat mudah. Rendam beras selama semalam, kemudian tumbuk sampai halus hingga menjadi bubuk, jemur hingga kering. Bubuk beras yang telah dijemur dan kering dicampur sedikit madu. Aduk hingga rata, setelah itu gunakan sebagai masker pada seluruh wajah (hindari seputar mata). Diamkan sekitar 20 menit, bila telah selesai bilas dengan air dingin. Madu yang dicampur dengan beras tujuannya untuk mengentalkan beras, namun madu juga berkhasiat menghaluskan kulit.

  • Jeruk nipis dan putih telur

Putih telur sering disebut mampu mengencangkan kulit wajah. Untuk memperbaiki warna kulit, campurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur. Gunakan bahan ini sebagai masker wajah. Oleskan masker jeruk dan putih telur ini ke wajah, lalu biarkan mengering sendiri. Setelah 5 – 10 menit, basuh muka Anda dengan air dingin. Hasilnya bisa Anda lihat setelah rutin melakukan hal ini paling tidak seminggu.

Nah, dengan bahan alamipun kita bisa juga merawat kulit tubuh dan wajah kita. Bahan-bahan yang biasa kita temui sehari-hari ternyata berkhasiat untuk kulit kita. Mau tau bahan-bahan alami apa lagi yang bermanfaat untuk kecantikan kulit? Tunggu postingan selanjutnya.

Hacked
Author: 
General web fan. Bacon geek. Explorer. Award-winning reader. Music junkie. Zombie aficionado.

Related Post "Yang Alami, Yang Aman untuk Kulit"

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dan Cepat Untuk Wanita
Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dan Cepat
Segarkan Kaki dengan Bahan Alami
Segarkan Kaki dengan Bahan Alami [caption id="attachment_280"
Alpukat untuk Kulitmu
Alpukat untuk Kulitmu Alpukat sudah tidak diragukan

Leave a reply "Yang Alami, Yang Aman untuk Kulit"